Cara Memasang Kode Facebook Pixel di Blog AMP

Cara Memasang Kode Facebook Pixel di Blog Valid AMP

Bagi blogger yang aktif bermain facebook, baik sosial medianya maupun facebook developer-nya, mungkin sudah tidak asing dengan yang dinamakan Facebook Pixel. Yap! Facebook Pixel merupakan sebuah kode berupa javascript yang nantinya akan diletakkan pada halaman website kita yang bertujuan untuk merekam data pengunjung yang datang.

Sekilas dari penjelasan tersebut, pixel memang mirip dengan google analytic yang juga kita bisa pasang pada halaman website kita untuk tracking pengunjung halaman website kita. Namun facebook pixel tentunya akan lebih detail dalam track pengunjung web anda yang datang dari facebook. 

Biasanya, pixel pasti akan dipasang oleh seorang blogger atau developer yang sering membuat iklan websitenya di facebook. Dengan tujuan bisa melakukan retargeting nantinya. 

Untuk kalian yang ingin mencoba memasang facebook pixel pada blog anda, caranya cukup mudah. Yang pertama harus anda lakukan adalah membuat akun pixel anda terlebih dahulu di https://www.facebook.com/events_manager dan coba membuat akun pixel untuk blog anda.

Kemudian pasang kode tersebut di  harus diletakan di atas kode </head>.

Untuk anda yang menggunakan blog berbasih AMP HTML mungkin pemasangan kode pixel akan sedikit berbeda, dan hanya perlu meng-copy kode akun pixel-nya saja.

Khusu bagi blog AMP, letakan kode dibawah ini tepat sebelum kode </body>. Karena pasangnya, jika kode tersebut di pasang sebelum kode </head>, maka halaman AMP anda akan mengalami error.

<amp-analytics
type="facebookpixel"
config="https://www.facebook.com/tr?id=1520986604657895&ev=PageView&noscript=1"></amp-analytics>

*Ubah 152098660465XXXX dengan kode facebook pixel yang anda buat.

Jika anda memasangnya pada blogger, dan mengalami error, harap parse HTML terlebih dahulu kode tersebut sebelum meletakannya pada blog anda.

Jika kode sudah terpasang, maka facebook pixel akan memerlukan waktu beberapa saat agar blog anda bisa mulai dirayapi oleh script dari pixel.

Untuk laporannya bisa dilihat langsung di Facebook.com/event_manager.

PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB