Cara Menambahkan Google Tag Manager pada Blog AMP

Cara Menambahkan kode GTM pada Blog AMP

Apa itu Google Tag Manager?

Google Tag Manager (GTM) merupakan sebuah layanan untuk webmaster yang berfungsi untuk men-tracking sebuah aktifitas pada website seperti klik DOM element. GTM sangat membantu para marketing dalam menganalisa aktifitas pengguna saat mengunjungi sebuah website. 


Layanan yang diintergrasikan dengan Google Analytics ini akan sangat membantu anda, karena cukup membuat Tags dan Trigger untuk melakukan tracking bisnis di Website anda, tanpa memasukan kode tracking tambahan.

Mendaftar dan menambahkan GTM pada Blog AMP

Untuk menambahkan kode Google Tag Manager, anda perlu membuat sebuah Container atau Akun Google Tag Manager. 

Login menggunakan akun Google anda di Google Tag Manager.



Isi setiap form yang ada pada interface Create Account, pada tab setup container isi dengan alamat Blog anda tanpa menggunakan protokol http/https. 

Pada tab Where to use container, pilih AMP.

Setelah anda mengklik button Create, muncul kode yang harus anda tambahkan pada Template Blogger anda. 

Sebelum anda menambahkan kode GTM, anda harus memasukan element script <amp-analytics> sebelum kode </head> pada template Blogger anda.
<!-- AMP Analytics --><script async='' custom-element="amp-analytics" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-analytics-0.1.js"></script>

Kemudian copy kode script Google Tag Manager yang sudah anda dapatkan, tepat setelah kode <body>

<!-- Google Tag Manager -->

<amp-analytics config="https://www.googletagmanager.com/amp.json?id=GTM-P6Q6DF7&gtm.url=SOURCE_URL" data-credentials="include"></amp-analytics>
Yang ditandai kuning merupakan ID GTM anda. 

Semua proses pemasang kode GTM pada Blogger anda sudah selesai. Sekarang anda bisa tracking aktifitas pada Blog AMP anda dengan cara menambahkan tags dan trigger.

Selamat mencoba :)
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB