PageSpeed Insight Punya Tampilan dan Fitur Baru

Google PageSpeed Insight Punya Tampilan dan Fitur Baru yang lebih lengkap

Google PageSpeed Insight Tool

Google PageSpeed Insight (PSI) merupakan tool gratis Google yang berfungsi untuk melakukan audit  kecepatan sebuah halaman website ketika dirender. Google PSI sendiri akan melakukan audit perenderan semua element dalam sebuah halaman website, dan menilai (skor) seberapa bagus performa sebuah halaman web yang ditentukan faktor-faktor tertentu.




Diluncurkan sekitar tahun 2010, hingga kini tool ini menjadi salah satu acuan para webmaster untuk meningkatkan performa websitenya dan menjadi nomor satu di search engine. 

Tampilan dan Fitur Terbaru Google PSI

Melalui akun twitter dan Google Webmaster Blog, Google PSI merilis tampilan dan fitur baru yang lebih lengkap dibandingkan sebelumnya. 

Melalui rilis blog resmi Google Webmaster,  Google PSI menyatakan bahwa LightHouse menjadi 'pengembang' Google PageSpeed Insight saat ini. LightHouse merupakan tool yang sebelumnya sudah digunakan untuk menga-audit website pada Google Chrome. 

Google PSI tampilan terbaru terlihat lebih sederhana namun modern, dan ternyata memang banyak fitur baru yang disediakan LightHouse.

Ketika kita mengaudit website kita di Google PSI, maka akan banyak hasil audit dan skor dari hasil audit. 

Di fitur baru ini, Google PSI memberikan beberapa informasi hasil audit seperti:
  • Data Lab, yang merupakan hasil audit dari performa web itu sendiri. LightHouse sendiri akan melihat struktur, perenderan dan faktor lainnya yang kemudian akan menghasilkan skor dari performa tersebut.
  • Field Data, PSI akan menguji performa berdasarkan pengalaman pengguna internet yang mengakses situs anda. 
  • Opportunity, PSI memberikan saran tentang cara meningkatkan metrik kinerja halaman. Setiap saran di bagian ini menaksir seberapa cepat halaman akan dimuat jika perbaikan diterapkan.
  • Diagnosa, Bagian ini memberikan informasi tambahan tentang bagaimana halaman mengikuti praktik terbaik untuk pengembangan web.

Manfaat Fitur Terbaru Google PageSpeed Insight

Dengan adanya fitur terbaru dari Google PSI, tentu kita akan semakin mudah dalam mengembangkan kecepatan akses dari website kita. Google PSI terbaru ini juga menampilkan data peluang dan diagnosa kiranya mana yang membuat web atau blog kita lamban.

Fitur ini tentu akan sangat berguna bagi sobat, karena dengan meningkatkan kecepatan website, posisi di Google pun akan meningkat.


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB