Cara Mengetahui Font Yang Digunakan Pada Sebuah Blog

Inilah Cara Mengetahui Nama Font Yang Digunakan Pada Sebuah Blog

Font merupakan salah satu element pendukung yang cukup penting untuk sebuah tampilan website. Jenis font yang digunakan pada sebuah website, biasanya ditentukan sesuai selera dan tampilan dasar blog tersebut.
Kita bisa saja menentukan jenis font yang kita inginkan, namun alangkah baiknya memilih font yang lebih jelas dan dapat dibaca dengan baik oleh pengunjung blog.

Kadang, ketika kita browsing dan mengunjungi sebuah website, kita menemukan sebuah website yang memiliki jenis font yang unik, dan merasa ingin memasangn jenis font tersebut pada blog kita. Tapi bagaimana jika kita tidak tahu apa jenis font yang digunakan pada blog tersebut. 

Nah, kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang cara mengetahui nama atau jenis font yang digunakan pada sebuah Blog. Ada beberapa cara sebenarnya, tapi yang paling simpel dan cepat yaitu menggunakan Add On browser.

Cara 1

Cara pertama yaitu menggunakan sebuah Add On atau Extention dari Browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. 

Ekstention ini bernama WhatFont, cukup download di sini dan klik Add to Chrome


Setelah terinstall di browser anda, anda cukup klik icon WhatFont di bar ekstention yang ada di bilah atas kanan. 

Lalu, arahkan mouse (hover) dan klik pada bagian artikel dari sebuah blog. Lihat gambar di bawah ini. 


Maka akan muncul sebuah pop-up modal yang menampilkan jenis atau nama Font tersebut, ukuran serta lin-height yang ada pada artikel Blog tersebut. 

Cara 2

Cara kedua dengan melakukan inspect element pada browser. Dengan melakukan inspect element (STRL+Shift+I), browser akan menampilkan source code dari halaman tersebut. 

Anda cukup mencari dan mengklik bagian <body pada tab Element. Kemudian pada tab stylesheet akan muncul CSS untuk <body>

Biasanya, webmaster menempatkan jenis font yang digunakan pada tag <body>, dan disitulah nama font yang digunakan blog akan muncul. Lihat gambar di bawah ini:



Cara di atas sangat mudah, dan mungkin akan sangat berguna bagi anda yang ingin menemukan jenis font yan cocok untuk blog anda.

Semoga bermanfaat :)


PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB