7 Ekstensi Chrome Yang Saya Gunakan Untuk Ngeblog

7 Ekstensi Chrome Yang Saya di Install Untuk Ngeblog

Ekstensi atau Add-on pada sebuah software Web Browser merupakan salah satu pelengkap yang tentunya akan sangat membantu saat kita berselancar di Internet. 

Sebagai informasi bagi yang belum tahu, Browser Extensions atau Ekstensi Browser adalah Program kecil yang menambahkan fitur baru untuk browser Anda dan mempersonalisasi pengalaman penjelajahan Anda.
Di setiap Browser, biasanya disediakan ekstensi sebagai penunjang saat pengguna berselancar. Jumlahnya tidak sedikit, bisa berjumlah ribuan. Tapi tentu hanya beberapa ekstensi saja yang dirasa cukup berguna bagi berbagai kalangan. 

Saya sendiri, sebagai pengguna Google Chrome saat Ngeblog, tentu hanya menginstall beberapa Add-on / Extensions saja. Dan kali ini, saya akan merekomendasikan Extensions Google Chrome yang berguna untuk Ngeblog, versi saya.

Grammarly

Ekstensi pada Google Chrome ini berguna untuk mengkoreksi setiap kata yang anda ketik di panel penulisan Blogger.com, WordPress, ataupun lainnya. 

Ekstensi ini akan memberikan saran pengeditan pada setiap kata yang ditandai sebagai error typo, atau tidak sesuai dengan Grammar. Tentu Ekstensi ini akan sangat berguna jika anda sering membuat artikel berbahasa Inggris. 

SEOquake

SEOquake merupakan project dari pengembang SEMrush, tool SEO dan SEO terkenal yang sudah dipakai ribuan perusahaan. 
Ekstensi SEOquake ini memungkinkan pengguna Google Chrome untuk mengaudit sebuah halaman web. Mulai dari Backlink, SEO, Cache, SERP, Alexa Ranking, dan lain-lain. 

AMP Validator

Bagi anda seorang Developer atau Blogger AMP HTML, tentu ekstensi AMP Validator ini wajib anda install pada Google Chrome.

Baca : Cara Menambahkan Attribute baru pada Tag HTLM secara Otomatis

Ekstensi ini memungkinkan pengguna mengetahui apakah halaman web yang ia kunjungi tersebut valid AMP HTML, dan memeriksa ketersediaan halaman khusus AMP. Selain itu, jika halaman error, tool tersebut akan memeriksa bagian mana yang terjadi error.

Download

Evernote

Tool ini tidak hanya populer di Google Chrome, melainkan juga di Play Store. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk membaca sebuah artikel website dalam bentuk yang sederhana, dan juga bisa meyimpannya ke dalam storage evernote anda. 

Alexa Toolbar

Semua Blogger pasti sudah tahu dengan Alexa. Sebuah website listing yang merangking semua domain yang ada di Internet. 

Alexa juga meluncurkan Ekstensi untuk Web Browser yang berguna melihat rangkin website secara live. Anda bisa memantau rangkin sebuah web saat itu juga hanya dengan mengklik icon Alexa Toolbar.

Page Analytics

Page Analytics merupakan Ekstensi yang dibuat Google Anlaytics. Webmaster bisa memantau secara langsung pengguna yang sedang online di web miliknya. 

Cukup login ke Google Chrome menggunakan akun Google anda, secara otomatis jumlah orang yang Online pada website anda akan terlihat di pojok kanan atas. 

Wappalyzer

Wappalyzer merupakan utilitas lintas platform yang mengungkap teknologi web yang digunakan di sebuah situs web. Wappalyzer mendeteksi sistem manajemen konten, platform e-commerce, kerangka kerja web, perangkat lunak server, alat analisis, dan banyak lagi.

Bagi saya, Wappalyzer cukup berguna karena kita bisa mempelajari struktur Website yang digunakan pada kompetitor. Misalkan, Website AMP-BLOGGER.COM, terlihat melalui Wappalyzer, web tersebut menggunakan teknologi Add This dan Prism JavaScript.

Download


Itulah 7 Ekstensi wajib yang harus anda install di Google Chrome, demi menunjang kerja anda saat ngeblog. Semoga bermanfaat :)
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB