Cara Pasang Iklan di Tengah Artikel Otomatis pada Blog AMP

Cara Pasang Iklan Adsense di Tengah Artikel Otomatis pada Blog AMP, tanpa harus Edit artikel.

Salah satu kelemahan menggunakan template blogger AMP adalah tidak bisa menggunakan javascript. Hal ini membuat kerugian dari beberapa hal, dan tentunya blog kita tidak bisa di customize secara full. 

Dengan tidak bisa menggunakan javascript inilah juga, yang membuat unit iklan adsense seperti page-level ads pun tidak bisa dipasang (meskipun bisa diakali menggunakan iklan  amp-sticky). Dan tentunya cukup merugikan. Namun, terlepas dari masalah tersebut, tentunya juga ada banyak kelebihan lainnya jika menggunakan AMP. Baca: Manfaat AMP untuk Blogger.

Dan masalah kembali muncul saat ternyata kita tidak bisa memasang iklan adsense secara otomatis di tengah artikel, jika menggunakan template blogger AMP. Alhasil, sayapun harus memasukan kode iklan adsense AMP secara manual.

Masalah tersebut terjadi karena untuk memasang kode adsense secara otomatis di tengah artikel, menggunakan javascript yang tentunya tidak bisa kita terapkan pada blog AMP.

Namun baru-baru ini, ada sebuah fitur terbaru dari AMP project dan AdSense Labs di mana kita memungkinkan bisa memasang kode adsense secara otomatis. Benarkah?

Tapi, perlu diketahui bahwa hanya akun AdSense tertentu saja dan yang sudah terverfikasi oleh Google AdSense yang bisa menikmati kesempatan mencici amp-auto-ad.

Nah untuk yang sudah dapat email mengenai amp-auto-ad ini, dan ingin memasangnya pada blog AMP anda, anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di dashboard Adsense. Buka Optimization - Labs dan aktifkan amp auto banner & text.


Js terbaru dari AMP project tersebut dinamai dengan amp-auto-ads yang support dengan AdSense. Jadi nantinya Js tersebut secara otomatis akan meletakan iklan adsense di dalam artikel anda.

Lalu, bagaimana cara memasangnya? Sangatlah mudah.

1. Yang perlu kamu lakukan untuk pertama kali adalah meletakan kode amp-auto-ads sebelum kode </head>. Copy  code berikut ini pada panel blogger anda.

<script async='async' custom-element='amp-auto-ads' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js'></script>

2. Step selanjutnya, meletakan kode HTML Adsense amp-auto-ads tepat di bawah <body>. perlu diperhatikan, anda harus memasangnya tepat setelah kode pembuka <body>. Berikut kodenya:


<amp-auto-ads

data-ad-client='ca-pub-4026188032600094'

type='adsense'>

</amp-auto-ads>

Note: Ganti ad client dengan kode publisher AdSense anda.

3. Klik Save untuk proses akhir.

Catatan Penting!

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang amp-auto-ads :

Peletakan
Javascript amp-auto-ads akan secara otomatis meletakan iklan adsense pada artikel anda. Bisa setelah paragraf 2, 3, 4, atau 5, namun saya lebih sering menemukannya setelah paragraf 3.. Jadi anda tidak bisa men-costumize dimana posisi yang anda inginkan. 

Selain itu, iklan tidak akan selalu muncul di artikel anda. 
Hanya Akan Tampil di Smartphone
Berdasarkan pengalaman saya memasang amp-auto-ads, Iklan Adsense anda  hanya akan tampil jika anda mengakses blog anda via smartphone saja.
Biasanya Iklan Hanya Tampil 1 saja Per-Artikel
Perlu anda ketahui, iklan adsense yang diletakan secara otomatis oleh amp-auto-ads, tidak akan tampil jika anda sebelumnya sudah meletakan kode iklan adsense secara manual saat menulis artikel.

Itu dia artikel saya kali ini mengenai Cara pasang iklan adsense tengah artikel otomatis. Semoga bermanfaat ya :)
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB