Mencegah Google Translate Menerjemahkan Bagian Tertentu pada Konten Website

Cara Mencegah Google Translate Menerjemahkan Bagian Tertentu pada Konten Website

Google Translate merupakan sebuah aplikasi Google yang memungkinkan pengguna internet menerjemahkan text ke dalam bahasa yang berbeda. Google translate tentu sangat berguna bagi kalangan yang ingin mengetahui artti sebuah tulisan yang tidak ia mengerti, karena berbeda bahasa. 

Google Translate biasanya juga digunakan oleh pengguna internet untuk menerjemahkan konten yang ada dalam sebuah website agar lebih dimengerti. 

Namun biasanya untuk konten tertentu, Webmaster justru tidak ingin konten-konten tersebut diterjemahkan karena akan mengubah maksud yang berbeda.

Sebagai contoh, blog dengan konten tutorial pembuatan website yang biasanya memuat banyak konten Script HTML. Jika pengunjung men-translate halaman tersebut, secara otomatis semua konten akan ter-translate. 
Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mencegah Google Translate menerjemahkan halaman web kita. Ada beberapa cara yang akan saya jelaskan.

Mencegah Menerjemahkan Semua Halaman

Untuk mencegah Google Translate menerjemahkan semua konten dalam Website, anda cukup menambahkan meta tag pada <head>

<meta name="google" content="notranslate" />

Meta tersebut secara otomatis akan memberitahu Google Translate untuk tidak menerjemahkan semua konten yang ada pada halaman website kita. 

Mencegah Google Translate Menerjemahkan Konten Tertentu

Jika anda hanya ingin memberitahu Google Translate untuk tidak menerjemahkan konten-konten tertentu saja, maka anda cukup menambahkan attribute class='notranslate' pada konten tersebut. Attribut tersebut akan memberitahu dan mencegah Google Translate menerjemahkan text yang sudah anda tambahkan attribut tersebut. 

Contoh:

Jika anda menuliskannya dengan kode berikut:

Hello World, <span class='notranslate'>My Name</span> is Alinux
, maka yang akan diterjemahkan oleh Google ke Bahasa Indonesia adalah

Halo Dunia, My Name adalah Alinux

Nah, biasanya jika anda tidak menggunakan attribut ini pada tag <pre>, maka jika seseorang coba menggunakan Google Translate di halaman web tersebut, konten yang ada dalam tag <pre> tersebut juga akan ter-translate kecuali kode tersebut diikuti dengan tag <code> .

Semoga bermanfaat ya :)
PrivacySitemap
©2020 KOMPI AJAIB